Kamis, 06 Oktober 2011

Manfaat olahraga catur bagi anak-anak

Penelitian di berbagai negara, membuktikan bahwa catur adalah sarana yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengembangkan kepribadian. Karena dengan bermain catur berarti melatih otak kanan dan kiri, melatih kepercayaan diri, kedisiplinan, kesabaran, daya tahan, serta keterampilan membuat rencana, strategi, dan pengambilan keputusan yang tepat dalam waktu terbatas.

Manfaat belajar catur bagi para siswa/ anak,  antara lain:

1.   Catur dan visi
Catur mengajarkan kepada anak untuk berpikir dan mempunyai visi ke depan serta mempunyai tujuan, sebagaimana permainan catur yang menghendaki pemain melakukan perencanaan dan strategi untuk mencapai suatu tujuan memperoleh kemenangan.

2.   Catur dan ilmu pengetahuan
Ketika bermain catur seorang anak akan menganalisis, mengasah logika dan belajar mengambil keputusan. Bermain catur juga berpikir seperti komputer, berhitung dan berkalkulasi dalam waktu yang terbatas.

3.   Catur dan kekuatan mental
Catur juga mengajarkan anak untuk berkompetisi, sehingga si anak nanti kalo besar secara mental telah terbiasa mengalami kompetisi, mengalami kemenangan/kesuksesan dan kekalahan/kegagalan dalam kehidupan. Catur menguji kesabaran, mengatasi kecemasan, dan membangkitkan daya tahan dalam melakukan konsentrasi, serta membangkitkan kekuatan diri bagi si pecatur.

4.   Catur dan pengalaman hidup
Olahraga catur telah mendunia. Setiap bulan selalu ada pertandingan tingkat nasional dan dunia yang bisa diikuti oleh siapa saja. Pengalaman ini merupakan hal yang berharga bagi anak untuk bekal menjalani kehidupan nyata dalam kesehariannya.

5.   Catur dan kesejahteraan hidup
Bagi anak-anak yang prestasi caturnya bagus, bisa mendapatkan keuntungan materi (hadiah, bonus, dll.) dan juga bea siswa sehingga memberikan keuntungan ekonomi secara nyata kepada si anak dan orang tuanya. Tentu saja ini sangat membanggakan sekolah, lingkungan bahkan negara menjadi harum namanya karena prestasi hebat sang anak.


Gens Una Sumus,

SCBP









Tidak ada komentar:

Posting Komentar